Senin, 03 November 2014

Masjid Syekh Zayed Terinspirasi Tiga Masjid Besar

Masjid Syekh Zayed Abu Dhabi.


Uni Emirat Arab, negara yang terletak di kawasan Timur Tengah ini, terkenal sebagai negara produsen minyak terbesar di dunia. Karena hasil bumi itu, negara ini juga terkenal dengan kekayaannya. Tak heran, bila di kawasan Timur Tengah, Uni Emirat Arab yang beribu kota Abu Dhabi ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia.

Kekayaan yang dimilikinya itu digunakan untuk membangun kota dan bangunan yang sangat indah. Yang terbaru adalah pembangunan Burj Khalifa Tower yang merupakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Ketinggiannya mencapai 828 meter atau 2.717 kaki. Jauh meninggalkan Twin Tower Petronas (Malaysia), Samsung C&T (Korea Selatan), menara Eifel (Paris, Prancis), Patung Liberty, dan lain sebagainya.

Dengan kekayaan itu pula, sejumlah gedung dan bangunan dibuat seindah dan semenarik mungkin. Salah satunya adalah masjid Syekh Zayed yang berada di Abu Dhabi. Decak kagum akan terucap bila menyaksikan salah satu hasil karya manusia. Masjid ini tampak sempurna dengan keindahannya dan kemegahannya yang mengagumkan.

Masjid Syekh Zayed yang berdiri megah di Abu Dhabi ini disebut-sebut sebagai masjid terbesar ketiga di dunia setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Ada pula yang menempatkannya sebagai masjid terbesar kedelapan di dunia.

Yang pasti, masjid ini mampu menampung sekitar 40 ribu jamaah dengan luas 22.412 meter persegi. Masjid yang secara resmi dibuka pada Ramadhan 2007 itu berlokasi di antara dua jembatan, yakni Mussafah dan Maqta.

Menurut sejumlah sumber, arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjid Mughal dan Moorish, Masjid Badshahi di Lahore (Pakistan), dan Masjid Hassan II, Casablanca, Maroko.

Masjid Syekh Zayed Abu Dhabi ini benar-benar berkelas internasional dalam berbagai aspek bangunannya. Beberapa arsitek dari berbagai bangsa dipanggil untuk mendesain eksterior ataupun interior bangunan megah ini. Bahan bangunan, kontraktor, dan buruh bangunan pun didatangkan dari berbagai tempat terbaik di dunia. Mutu pengerjaannya diselesaikan dengan kualitas tinggi. UEA memang dikenal dengan standar kendali mutu yang sangat tinggi.

Dari luar (eksterior), warna putih susu begitu mencolok pada bangunan masjid, mulai dari halaman hingga dinding dan kubah masjid. Bagian halaman dan serambi masjid dilapisi marmer dengan desain motif bunga dan ukurannya mencapai 17 ribu meter persegi. Marmer pada bagian halaman dan serambi masjid ini dibuat secara khusus di Cina. Desainnya terkesan sangat modern dan mengagumkan. Demikian pula desain bagian dalam (interior) masjid yang sangat kental nuansa putih dan abu-abu sehingga membuat bangunan semakin anggun dan indah.

Bangunan Masjid Syekh Zayed ini makin tampak indah dan megah dengan empat buah menara setinggi 107 meter yang mengapit empat sudutnya. Sementara itu, 82 kubah bergaya Maroko dengan beragam bentuk menambah indah dan serasi bangunan masjid ini. Kubah-kubah tersebut menaungi halaman bagian dalam dan ruang utama masjid.

Kubah Masjid Syekh Zayed ini dihiasi marmer putih dan dekorasi interiornya juga terbuat dari pualam putih yang khusus diimpor dari Carrara, Italia. Tiang-tiang yang menyanggah kubah-kubah tersebut juga dihiasi dengan marmer warna-warni yang berdesain indah.



untuk informasi lebih lanjut mengenai dan pemesanan kubah masjid anda bisa menghubungi kami di nomor. 0822 6430 8124 atau bisa lihat di website https://kubah-surya.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar